Tips Menghemat Budget Membeli Perabotan Rumah Tangga

Setiap rumah memerlukan perabotan rumah tangga. Mulai dari furniture, seperti sofa, lemari pakaian, dan tempat tidur, hingga barang-barang elektronik, seperti televisi, mesin cuci, dan kulkas. Terbayang bagaimana Anda harus membeli perabotan tersebut secara bersamaan? Tentunya budget yang dibutuhkan terbilang besar. Namun, jangan khawatir karena saat ini ada banyak pengajuan kredit perabotan rumah tangga sehingga Anda bisa menyicilnya setiap bulan.

Selain membeli secara kredit, Anda juga bisa harus pintar memilih perabotan rumah tangga untuk menekan budget yang dikeluarkan. Nah, berikut ini tips menghemat budget saat membeli perabotan.

Pilih perabotan yang hemat energi
Jika Anda ingin menghemat budget untuk jangka panjang, pilihlah perabotan hemat energi. Pasalnya perabotan hemat energi bisa menekan biaya operasional per harinya sehingga biaya yang dikeluarkan setiap bulan juga bisa berkurang. Beberapa perabotan yang memiliki fitur hemat energi adalah kulkas, AC, dan mesin cuci. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang ada di setiap barang.

Beli sesuai dengan fungsi
Salah satu trik paling mudah untuk menghemat budget saat membeli perabotan adalah lihat fungsinya, bukan desainnya. Pasalnya beberapa perabotan yang memiliki desain bagus memiliki harga yang lebih mahal.

Perhatikan juga fitur yang ada. Seperti mesin cuci yang memiliki fitur time wash dan fitur lainnya. Memang memudahkan, hanya saja fitur yang sebenarnya tak Anda gunakan demi gaya hidup tentunya bisa menambah budget yang harus dikeluarkan. Jadi, pastikan memilih perabotan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan.

Hindarimemilih perabotan dengan biaya perawatan tinggi
Barang-barang elektronik seperti kulkas, AC (pendingin ruangan), microwave, mesin cuci membutuhkan biaya operasional yang cukup menguras kantong. Untuk itu Anda harus memikirkan cara perawatannya karena akan mempengaruhi pengeluaran dikemudian hari. Pilihlah perabotan elektronik dengan filter yang mudah dicuci sehingga tidak perlu membawanya ke tempat servis ketika kotor. Ketika Anda berada di toko perabotan, pastikan untuk mengecek label dan sertifikasi produk elektronik yang akan Anda beli apakah terdapat fitur filter mudah dicuci dan hemat energi atau tidak.

Pilih toko yang bebas biaya kirim
Beberapa toko perabotan akan membebankan biaya pengiriman kepada pembelinya. Tentunya biaya pengiriman cukup menambah budget yang tersedia mengingat perabotan rumah tangga memiliki dimensi yang besar.

Pilihperabotan dengan ukuran yang pas dengan kebutuhan
Hindari membeli perabotan dengan ukuran besar yang berlebihan karena akan memakan tempat di rumah Anda.Terlebih lagi jika perabotan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan. Mungkin saja Anda ingin sekali membeli kulkas dua pintu yang berukuran besar padahal Anda hanya memiliki sebuah keluarga kecil. Jika Anda tetap meneruskan niat tersebut, pengeluaran Anda akan semakin membengkak karena konsumsi listrik kulkas 2 pintu tersebut sangat tinggi padahal setengah tempat dalam kulkasnya Anda biarkan kosong dan akhirnya Anda akan boros energi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.