Keuntungan dan kerugian belanja online




Di zaman sekarang kata online sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat atas, menengah atau bawah semua sudah mengenal kata online. Memang hanya segelintir orang saja yang tidak tau manfaat dan kegunaan online di masa kini. Hal itu biasanya terjadi pada masyarakat bawah yang memiliki usia yang sudah tidak di katakan muda lagi. Mereka tidak tahu mengenai online, manfaatnya, kegunaan dan cara pemakaiannya seperti apa bahkan belum bisa menggunakan barang-barang elektronik sebagai wadah kita untuk online. Namun bagi usia muda dan orang yang berpikir modern meski dari kalangan masyarakat bawah mereka tahu tentang online bahkan memanfaatkan online sebagai ajang bisnis, hiburan ataupun sumber informasi. Kemajuan iptek di zaman sekarang sudah merebak luas hingga ke pelosok-pelosok dalam dan luar negeri tidak hanya orang kota atau di kalangan atas dan menengah saja yang bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa online dsb.
Kata online kini identik dengan jual beli online di berbagai situs web. Baik untuk konsumen ataupun untuk produsen. Media online kini di manfaatkan untuk berbisnis. Online yang hanya di gunakan sebagai sumber hiburan dan informasi kini segelintir orang berbondong-bondong membuka toko online di berbagai situs web milik orang lain atau milik sendiri. Karena toko online semakin membeludak dan banyak orang yang ingin menjual barang-barangnya namun tidak memiliki situs web sendiri karena faktor keuangan yang membatasi kini banyak situs web yang menyediakan tempat lapak secara gratis dan mempertemukan mereka dengan pembeli. Selain itu memberikan rasa aman kepada pembeli agar tidak merasa ragu ketika berbelanja online. Faktor ini semakin mendukung secara bebas bagi siapa saja yang ingin berjualan online tanpa harus bingung dengan situs web yang harus ia punya sendiri.
Kini jual beli online semakin di gandrungi setiap orang tanpa terkecuali hal ini di pengaruhi beberapa faktor keunggulan dalam jual beli online namun di sisi lain ada faktor kekuranganya atau sering kali kita sebut faktor negatif. Hal sebagai hukum alam yang tidak bisa di pungkiri jika dalam sesuatu ada faktor positif maka pasti ada faktor negatif.
Di sini saya akan ulas faktor positif dalam jual beli online
·         Anda tidak usah repot blusukan ke beberapa toko untuk mencari barang yang anda cari cukup duduk manis di temani snack dan minuman sebari memandang hp / laptop mencari barang yang anda minati.
·         Anda bisa membandingkan setiap harga dari berbagai toko yang berbeda dengan barang yang sejenis.
·         Barang yang di  jual di media sosial / situs web lebih lengkap dan banyak pilihan sesuai yang anda butuhkan.
·         Terkadang anda lebih hemat belanja online seperti jabodetabek ongkir hanya 9000 dan jika anda pergi ke tempatnya sendiri bisa mencapai 30 lebih hanya untuk sebalik ongkos di angkutan umum
·         Anda dapat menghemat tenaga tidak  perlu cape anda dan membawa barang sendiri karena barang di antarkan sampai tujuan.
·         Jika anda ingin pindah dari toko satu ke toko lain anda tinggal mengklik sesuka anda
·         Anda dapat melakukan transaksi 24 jam tanpa ada batasan waktu

·         Anda bisa memasarkan produk anda secara luas ke kota maupun ke plosok tanpa batas.
·         Anda tidak usah repot rebut tawar harga dengan pembeli karena harga yang anda cantumkan harga pas.
·         Anda pun bisa menggunakan sistem droopsit dimana anda tidak memiliki barang tersebut namun anda mempunyai konsument yang tidak tahu tenang online atau tidak sempat mencari sendiri anda bisa membeli produk tersebut dan menjual kembali.
·         Untuk anda yang tidak memiliki modal yang cukup anda bisa menjual barang bermodalkan sampel foto dengan sistem pesan terlebih dahulu lalu anda bisa memproduksinya secepat mungkin sesuai kesepakatan bersama.
·         Jika anda yang memiliki barang yang sudah tidak anda butuhkan lagi atau anda butuh uang anda bisa menjual barang tersebut di salah satu web yang menyediakan tempat jual barang bekas atau baru. Jadi tidak usah khawatir jika anda bukan penjual sejati.

1.      Biasanya barang yang di jual tidak sesuai gambar. Hal ini banyak terjadi dan membuat sebagian orang enggan berbelanja kembali.
2.      Jika barang yang cacat dan di tukar kembali memboroskan waktu dan uang ongkir.
3.      Tidak semua barang bisa anda dapatkan secepat mungkin kadang ada yang di cancel selama 1 minggu karena gangguan di perjalanan jadi bagi anda yang butuh barang cepat di kwatirkan barang tidak bisa sampai sesuai jadwal.
4.      Ongkos kirim terkadang lebih mahal dari harga barang yang anda beli atau barang jadi mahal dari harga pasaran dengan dijumlah ongkir.
5.      Rentan penipuan jika kita tidak hati-hati dalam bertransaksi
6.      Perlu atm sebagai alat pengiriman uang
7.      Harus memiliki data dan alat komunikasi baik hp android ataupun laptop untuk dapat melakukan pembelian online.

1.      Harus memiliki data yang memadai agar sistem jual beli lancar.
2.      Harus selalu aktif setiap hari agar bisa memantau toko online jika telat sedikit maka pembeli hilang.  
3.      Masih banyak ketidak percayaan konsumen kepada produsen.
4.      Harus sabar dalam menanggapi pembeli dan menjelaskan dengan rinci



Semoga bermanfaat dan anda dapat berhati-hati dalam jual beli melalui online.





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.